Sabtu, 19 November 2011

dampak teknologi internet terhadap psikologi

nama: Seane Febiola Pariama
NPM: 10507218
kelas: 4PA02

Hubungan dan pengaruh teknologi internet dengan psikologi

Banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh ilmu Psikologi di dalam menghadapi permasalahan milenium ke tiga. Bila pada dua dekade yang lalu kita berada dalam kondisi yang lebih pasti, segala sesuatu bisa diprediksi secara linear; kini kita dihadapkan pada ketidakpastian. Sangat sulit untuk memprediksi apa yang bakal terjadi di masa depan. Sesuatu yang merupakan kepastian hanyalah ketidakpastian itu sendiri. Situasi yang kita hadapi sekarang ini berbeda dengan situasi masa lalu. Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan manusia.
1.                  Produk yang digerakkan sistim komputer.
Di masa depan produk-produk kebutuhan hidup manusia sehari-hari akan menjadi produk yang cerdas (smart product). Produk yang cerdas adalah produk yang telah memiliki komponen inteligensi manusia. Produk yang demikian bisa membantu manusia untuk melakukan hal terbaik bagi kehidupannya. Berikut ini berbagai contoh produk yang cerdas.

a. Mobil yang cerdas (smart car).
Mobil masa depan tidak bisa dihidupkan bila supirnya mabuk. Bau alkohol yang keluar dari mulut supir akan menutup sistim kerja mesin mobil. Kalau mobil rusak, sistim komputer akan memberi tahu bagian mana saja yang rusak. Layar monitor dalam mobil memberi tahu daerah yang macet lalu lintasnya.
b. Kartu yang cerdas (smart card).
Berbagai kartu yang ada (ATM, SIM, KTP, Asuransi, Kesehatan, dll) akan dihimpun dalam satu kartu saja. Selain itu kartu bisa digunakan untuk berbagai fungsi lain, misalnya untuk kunci mobil, kunci rumah, dll.
c. Rumah yang cerdas ( smart house).
Rumah bisa diperintah untuk melaksanakan sendiri tugas-tugas seperti, menentukan suhu ruangan, menghidupkan mesin air di bak mandi di saaat pemilik rumah dalam perjalanan menuju rumah, memberi makanan buat kucing/anjing, menghidupkan dan mematikan kompor, menutup pintu dan garasi, mengecek persedian makan di kulkas, dll.
d. Jalan yang cerdas (smart road).
Jalan bisa memberi tahu pengendara mobil kalau ada kecelakaan di depan. Selain itu ia bisa mengingatkan bahaya kecelakaan jika jarak antar mobil yang di depan dan di belakang terlalu dekat.
2. Perancangan produk dikelola oleh komputer.
Sistim komputer yang sudah menjadi net-worked intelligence akan memudahkan kehidupan konsumen. Melalui internet pembeli dapat menghubungi berbagai perusahaan yang menawarkan produk. Di masa depan produk yang akan dibeli dirancang sendiri oleh konsumen. Komputer yang dimiliki perusahaan pembuat produk telah memasukkan komponen produk seperti komponen kecil dalam permainan lego. Berdasarkan pilihan komponen yang tersedia rancangan produk dapat dibentuk sendiri oleh pembelinya.
3. Proses kerja yang digerakkan oleh komputer
Tersedianya fasilitas intranet dan internet memungkinkan orang bekerja dari mana saja. Orang bisa berhubungan dengan kantornya dari rumah, dari pesawat, dan dari kamar hotel. Pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh. Kini orang dapat berbelanja dari rumah melalui internet. Biro perjalanan semakin tersaingi oleh internet, karena orang dapat memesan langsung tiket pesawat, tiket kapal laut, tiket kereta api, atau tiket bis pada perusahaan transportasi.
4. Komputer menjadi sarana komunikasi efektif.
Kehadiran bisnis internet telah merubah pola komunikasi. Kiriman surat semakin berkurang karena orang lebih banyak berkirim surat dengan e-mail. Orang sekarang bisa mengobrol dari dalam kamarnya dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Program internet relay chatting (IRC) yang tersedia dalam komputer bisa diakses dengan internet, dan sipemakai bisa menghubungi siapa saja, apakah teman chatting berasal dari kota yang sama, atau di kota lain di seluruh dunia. Internet semakin mengurangi pengggunaan mesin faksimili, karena dokumen dapat dikirim dalam waktu yang sangat cepat dengan e-mail. Dokumen dapat dikirim pada banyak orang diseluruh dunia. Penghematan yang sungguh luar biasa, dari segi waktu, biaya dan tenaga.

5. Komputer sebagai pusat informasi.
Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua orang. Hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dengan mudah.

Masih banyak lagi hal-hal lain yang merupakan dampak internet dan teknologi komputer pada kehidupan manusia yang terlalu panjang untuk diuraikan dalam tulisan ini.

Dampak Psikologi Teknologi Internet
Sepengetahuan penulis belum ada kajian yang sistimatik mengenai dampak dari teknologi internet dan permainan elektronik terhadap berbagai dimensi psikologi kehidupan manusia. Apa yang ditulis berikut ini lebih banyak merupakan pertanyaan yang kiranya perlu dijawab melalui suatu penelitian yang sistimatik.
Penulis menduga teknologi komputer, internet, elektronik game akan berpengaruh pada berbagai aspek psikologi. Berbagai aspek yang kiranya akan terpengaruh akan diuraikan berikut ini:

1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
2. Perkembangan kognitif.
3. Perkembangan seksualitas.
4. kecemasan teknologi
5. Pola interaksi antar manusia
6. Penggusuran manusia
7. Kerahasiaan alat tes semakin terancam

sumber : http://ancok.staff.ugm.ac.id/h-19/psikologi-dan-tantangan-millenium-ke-tiga-dampak-teknologi-internet-pada-kehidupan-manusia-dan-pengelolaan-institusi-pendidikan-psikologi.html



Dari artikel diatas saya mengambil beberapa kesimpulan dan juga ingin mengomentari artikel tersebut.
·         Adanya teknologi internet dapat mempengaruhi pola berpikir manusia, pola hidup manusia, teknologi informasi dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi manusia, teknologi informasi dapat juga menjadi sumber informasi bagi kita manusia.
·         Dari dampak-dampak teknologi internet terhadap psikologi yang telah dijabarkan oleh penulis, seperti :
a.       Perbedaan kepribadian pria dan wanita
Menurut saya, untuk dampak atau pengaruh bagi beda kepribadian pria dan wanita sampai saat itu belum kelihatan secara jelas pengaruhnya, benar masih harus dilakukan penelitian tentang hal ini

b.      Perkembangan kognitif
Untuk pengaruh terhadap perkembangan kognitif ini, menurut saya teknologi internet dapat mempengaruhi proses kognitif manusia, misalnya saja berbagai Informasi yang ada baik itu buruk atau baik dalam melihatnya atau membacanya serta memahami informasi yang ada dapat membantu meningkatkan proses kognitif manusia.
Dalam hal ini berbicara tentang bagaimana kita memilih informasi yang kita butuhkan, melihat berbagai fenomena/masalah yang ada dan kadang kita ikut untuk mencari dan mengomentari ha-hal tersebut.
c.       Perkembangan seksualitas
Untuk perkembangan seksualitas, menurut saya dengan mudahnya kita untuk mengakses atau mudah diaksesnya hal-hal yang berbau negative maka hal ini mungkin dapat mempengaruhi pandangan kita/pengetahuan kita tentang seks. Bagi anak-anak yang dibawah umur tentu saja hal ini membuat mereka tau dan juga bisa mengerti tentang seks itu sendiri. hanya saja untuk kasus seperti ini perlu adanya control dari orang tua sendiri terhadap setiap anaknya.
d.      Kecemasan teknologi
Menurut saya, hal ini juga dapat terjadi, salah satu contohnya saja ada seorang mahasiswa yang takut untuk mempublikasikan tulisannya ke internet dengan alasan, hal ini dapat memungkinkan orang untuk mengkopi tulisannya tersebut.
e.       Pola interaksi antar manusia
Jelas saja dengan adanya teknologi internet ini dapat member kita kemudahan dalam berinteraksi dengan teman, saudara bahkan keluarga walaupun berjarak jauh.
f.       Penggusuran manusia

g.      Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Dalam hal ini menurut saya semakin mudahnya kita untuk mengakses berbagai informasi maka ada kemungkinan juga alat-alat tes dapat kita lihat. Yang seharusnya alat-alat tes ini menjadi rahasia dan hanya orang-orang/ilmuwan psikologi yang telah mendapat ijin saja yang memegangnya sekarang dapat dengan mudah kita akses di internet.

Dari semuanya diatas, maka saya mengambil kesimpulan bahwa pengaruh teknologi internet bagi psikologi sendiri dapat berupa pengaruh buruk atau juga pengaruh baik. Untuk itu disarankan agar kita lebih selektif mungkin untuk menggunakan teknologi ini sesuai kebutuhan dan kepentingan kita, serta juga selektif dalam melihat berbagai info ang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar